Jaringan

Siapa saja yang dapat berkontribusi ?

Intansi Pemerintah

Kemitraan dengan instansi pemerintah Keseluruhan program rehabilitasi mangrove, kampanye mangrove, riset mangrove yang dilaksanakan oleh Wahmi adalah wujud dukungan Wahmi terhadap program pemerintah ditingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota untuk mengembalikan ekosistem mangrove kepada fungsinya, dan perwujudan komitmen pemerintah meratifikasi berbagai kesepakatan internasional untuk program perubahan iklim, mewujudkan keadilan ekologis, perlindungan wilayah sabuk hijau untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat, dan membuka akses kepada masyarakat untuk mendapat manfaat ekologis dan ekonomis dari keberadaan ekosistem mangrove.

Untuk mewujudkan program strategis dan berkelanjutan yang dilaksanakan Wahmi, Wahmi telah dan siap membangun kemitraan program dengan pemerintah ditingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota. 

Perguruan Tinggi

 Kemitraan dengan perguruan tinggiKemitraan dengan entitas perguruan tinggi menjadi concern utama Wahmi untuk memperkuat basis riset mangrove dan pengembangan program. Kemitraan bisa dalam bentuk : penelitian bersama, pembinaan wilayah rehabilitasi mangrove, Wahmi sebagai lembaga penempatan magang mahasiswa, serta Wahmi memberikan pendampingan kepada mahasiswa untuk pelaksanaan penanaman mangrove dan pendidikan lingkungan hidup dalam skema praktek kerja lapangan. 

Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO)

Kemitraan dengan lembaga swadaya masyarakat Kemitraan dengan lembaga swadaya masyarakat terus dibangun Wahmi untuk memperkuat jaringan kerja nasional dan internasional, pertukaran data dan informasi, serta melakukan kemitraan program untuk riset, advokasi, pembinaan wilayah mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir.      

EKSPEDISI MANGROVE Ekspedisi Magrove menjadi program utama Wahmi. Dilaksanakan setiap dua tahun diseluruh wilayah bentang pesisir dan koridor laut di Indonesia. Pemilihan wilayah jalur ekpedisi disesuaikan dengan tema ekspedisi.
Tujuan ekspedisi mangrove :

  • Menumbuhkan rasa kecintaan tanah air melalui ekspedisi mangrove
  • Untuk mengetahui lebih dekat dan teraktual kondisi mangrove dan kondisi masyarakat pesisir di wilayah jalur ekspedisi
  • Mengetahui keanekaragaman hayati di wilayah jalur ekspedisi mangrove
  • Menjadi media untuk meluaskan spektrum kampanye mangrove
  • Menghasilkan data aktual sebagai bahan masukan kepada stakeholder

Tim ekspedisi mangrove :Tim ekpedisi berada di bawaah koordinasi Departemen Riset, Jaringan & Kampanye Nasional Wahmi.

Untuk menghasilkan kualitas dari pelaksanaan ekspedisi mangrove, Wahmi melibatkan tim yang mempunyai kompetensi dan keahlian khusus disesuaikan dengan materi pelaksanaan ekspedisi, antara lain :

  • Ahli bidang ekologi mangrove, dengan sub bidang kompetensi keahlian
  • Ahli bidang bidang pemetaan, dengan sub bidang kompetensi keahlian
  • Ahli bidang survival alam bebas
  • Ahli bidang strategi kampanye
  • Ahli bidang strategi digital marketing
  • Ahli bidang teknologi informasi (pemograman web, aplikasi)
  • Ahli bidang pendokumentasian (drone, video, foto)
  • Ahli bidang penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat

Tim ahli akan dibantu oleh tim tenaga teknis lapangan dan kesektariatan. 

Keterlibatan sponsor ekspedisi : Wahmi membuka kesempatan kemitraan dengan pihak-pihak yang mempunyai kesamaan visi dan misi bisa bergabung menjadi sponsor pelaksanaan ekspedisi mangrove. Mekanisme kemitraan sponsor akan didiskusikan lebih komprehensif dengan manajemen Wahmi.

Jika tertarik menjadi sponsor, silahkan bisa menghubungi Sdr. N. Ikhsan untuk membuat jadwal diskusi kemitraan sponsorship : 0881 886 2443 (WA) di jam kerja.